Minggu, 23 Oktober 2016

essay english sederhana, The Enhacement of Student’s Study Motivation to Reaches The Effectiveness of Learning.



The Enhacement of Student’s Study Motivation to Reaches
The Effectiveness of Learning.


Di buat guna
Menyelesaikan tugas ulangan tengah semester
Mata kuliah Bahasa Inggris
Dosen Pengampu : Bp Asep Ginanjar, S.Pd., M.Pd

Oleh :
Muhammad Lutfi
NIM : 3601416017

UNNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
FAKULTAS ILMU SOSIAL
2016
 


The Enhacement of Student’s Study Motivation to Reaches
The Effectiveness of Learning.

            The effectiveness of learning will becomes true if the teacher can be the real teacher wo can teaches the student well. And we know that the teacher’s roles are as an educator, a teacher and a coach. So, Teacher’s job is educating. It means that the teacher is the one who forwards and improves the values of life (affective), teaching means that forwards and improves the knowledge (cognitive) and coaching means that improves the student’s skills (psychomotor). To improve that job, the teacher need to do something to get the effectiveness of learning. The writer said that the effectiveness of learning is the condition which the student can releases the skills in the learning.
            Then, the effort is the teachers should build the student’s study motivation. And the high of the student’s study motivation eill stimulate the student to improves their skills in the learning. “The student’s study motivation can not appear when the teacher does not build it”. So that why, in need efforts to builds the student’s study motivation to reaches the effectiveness of learning and the efforts will come in one way or another.
            First,  to grows the happiness of student, especially for children. We know that children have note the negative sense. So, children is more interesting with the happiness condition. And to makes that condition, the  teacher should greets the student with the happiness, friendly and calm. And begins the lesson with the happiness makes the student motivates to study hard in the learning.
            Second, the teacher considers the student as a friendship. The effort to makes the effectiviness learning is the teacher considers the student as a friendship. The teacher should considers the student like a friendship in the class and teach them with love. Because, they teach us the meaning of life also. So, they are worthy to be a a friendship in the class, to share the experiences and our knowledge and also what do they want in the future.
            And then, to grows the sense of competition. The teacher can makes the competition in the class such give them a gift (reward) to the students who have achievement. That give could be the stationery or best score for the students who study hard. The give could be the praise or applause from their friends, and makes the student feels confident in the class. But, the teachers should be careful to make the competition in the class which will not make a conflict. Because, the competition should be fair, normally and objective to assess the students. And do not make a differences between this student with the other students, because the student has the same level in the class.


            The teacher can tells the target of learning. Then, they recap and give the objective assessment which in the learning. Give the opportunities for students to be the successful person and appreciate it.
            And in the end, the teachers can grow up the spirit and the study motivation of student. There are so many things that can do for students, such give the praise and reward, give the attention and respect the ideas, the queation and the opinions.And also knowing the name of them, and advantages of them in the learning. Warn the students who do the ethics/ norm violortion with the humanisics way. The teachers should speak and do something polite, friendly, affection and fair in the assessement and how to treat them.
 If the teacher can builds the student’s study motivation well and continuous, exactly the effectiveness in the learning will becomes and will be maximum.

















Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mencapai Efektivitas Pembelajaran
Efektivitas pembelajaran akan dapat diwujudkan oleh seorang guru apabila guru tersebut dapat memerankan perannya di dalam kelas dengan baik dan maksimal. Adapun peran penting seorang guru di dalam kelas adalah sebagai pendidik, pengajar, dan pelatih. Hal ini sesuai dengan tugas guru itu sendiri yaitu mendidik dalam arti meneruskan dan mengembangkan nilai-nilai hidup (afektif), mengajar dalam arti meneruskan dan mengembangkan ilmu pengetahuan (kognitif), dan melatih dalam arti mengembangkan keterampilan para siswa (psikomotorik)
Dalam mengembangkan tugas-tugas tersebut, setiap guru perlu melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan efektivitas pembelajaran. Adapun penulis berpandangan bahwa efektivitas pembelajaran adalah suatu kondisi dimana siswa dapat mengeluarkan segala potensinya dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
Untuk dapat mewujudkan hal tersebut, salah satu upaya yang perlu dilakukan oleh setiap guru adalah membangun motivasi belajar para siswa. Motivasi belajar siswa yang tinggi akan merangsang siswa untuk mengembangkan potensinya dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.. “Motivasi siswa tidak muncul begitu saja, tetapi harus dibangkitkan atau dibangun”. Oleh karena itu, diperlukan berbagai upaya dalam membangun motivasi belajar siswa untuk mencapai efektivitas pembelajaran. Upaya-upaya tersebut dapat dilakuakan dengan berbagai cara
Yang pertama, Menumbuhkan jiwa gembira pada siswa. Setiap anak memiliki jiwa yang bersih – belum terpengaruh perasaan negatif seperti perasaan dendam, dengki, dan sebagainya- sehingga anak cenderung menyukai nuansa yang riang dan penuh kegembiraan. Untuk menciptakan kondisi tersebut hendaknya setiap guru menyapa setiap anak dengan perasaan senang, ramah, dan tenang. Mengawali kegiatan belajar dengan suasana riang akan membuat siswa termotivasi untuk giat belajar dan bersungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
Kedua, siswa dianggap sebagai sahabat. Hal yang perlu dilakukan agar siswa mengikuti proses pembelajaran dengan efektif adalah dengan menganggap siswa sebagai sahabat. Setiap guru hendaknya memperlakukan siswa layaknya sahabat yang sangat berarti dalam kehidupan di kelas. Memandang mereka dengan penuh kasih sayang, mengajak mereka dengan penuh kelembutan, dan mengajari mereka dengan penuh cinta dan perasaan. Dari merekalah kita belajar berbagai hal tentang makna kehidupan. Sehingga mereka layak menjadi sahabat di kelas untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang apa yang kita ketahui dan tentang apa yang mereka inginkan di masa depan.
Kemudian, Menumbuhkan jiwa kompetisi. Hal ini dapat dilakukan dengan menciptakan persaingan di kelas seperti memberikan hadiah (reward) kepada siswa yang memiliki prestasi unggul. Hadiah tersebut dapat berupa materi seperti alat-alat tulis atau dapat bersifat ruhaniah seperti pemberian nilai lebih bagi siswa yang bersungguh-sungguh dalam mengikuti pembelajaran. Ataupun bisa berupa  pujian kepda siswa yang rajin mengumpulkan tugas dan memberikan tepuk tangan teman-teman sekelas atas pujian Anda. Hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa untuk lebih maju dan meningkatkan harga diri siswa dengan eksistensinya di dalam keals sehingga keberadaannya diakui dan dihargai oleh teman-temannya. Namun sebagai guru juga hendaknya berhati-hati dalam menciptakan persaingan di kelas agar tidak menimbulkan konflik. Karenanya, persaingan harus dalam batas wajar dan normal serta adil dan objektif dalam penilaian tanpa memandang status sosial di luar kelas, apakah ia seroang anak mentri, anak pejabat, anak seorang petani, pedagang, atau siapapun karena di kelas setiaps siswa memilki hak dan derajat yang sama di mata guru.
Seorang guru juga bisa dengan menyampaikan target pembelajaran, lalu merekap dan memberikan penilaian yang objektif selama masa pembelajaran, memberikan kesempatan secara terbuka untuk semua siwa untuk bisa berhasil dan menghargai setiap apa yang dilakukan siswa.
Dan yang terakhir dapat dilakukan dengan menumbuhkan semangat dan motivasi belajar siswa. ada beberapa hal yang dapat dilakukan diantaranya Memberikan pujian dan penghargaan terhadap mereka sekecil apapun, Memperhatikan dan menanggapi gagasan, pikiran, pertanyaan, dan pendapat siswa dengan tulus, Mengenali nama-nama siswa dan kelebihan mereka untuk tujuan pembelajaran, Mau mengerti dan memahami kebutuhan siswa dalam proses pembelajaran, Menghargai hasil pekerjaan siswa, Tidak menghina, menghardik, atau mencela siswa di depan umum (teman-temannya),  Meluruskan siswa yang melakukan perlanggaran etika atau norma dengan cara-cara yang manusiawi (humanistic), Berkata dan bersikap sopan, ramah, dan penuh kasih sayang kepada siswa dan Berlaku adil dalam perlakuan, penilaian, dan sikap terhadap siswa.
Apabila guru dapat membangun motivasi belajar siswa dengan baik dan berkelanjutan, maka secara perlahan tapi pasti, efektivitas pembelajaran di dalam kelas dapat diwujudkan sehingga dapat menunjang hasil pembelajaran yang maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar