Selasa, 17 November 2015

Terapi Mata Minus

Hai sahabat sahabatku, kita bertemu di pagi yang sejuk ini ya. Saya ingin memberikqn berbagai tips terapi mata minus sob.
Biasanya ketika didiagnosis menderita mata minus, penderita ‘diwajibkan’ untuk memakai kacamata untuk mengatasinya. Tapi, seorang spesialis mata, dr. William Bates menemukan bahwa sebenarnya mata minus dapat diatasi dengan melakukan latihan mata tanpa memerlukan kacamata maupun operasi lasik.
Menurut dr. Bates gangguan penglihatan terjadi karena kebiasaan melihat yangtidak benar. Kebiasaan terus menerus menatap objek menyebabkan mata menjadi tegang.

PENYEBAB MATA MINUS
Kurang menjagacpola makan yangbaik, ini penting sebagai penyeimbang kemampuan otot di bagian tubuh manapun termasuk mata
Sering membaca dalam posisi yangsalah ( tiduran, dalam ruang dengan cahaya kurang )
Seringnya mata bersentuhan langsung dengan polusi udara, debu dan lainya
Mengkonsumsi gula secara berlebihan juga ditengarai pemicu terjadinya mata minus ini.
Jarang bersentuhan dengan sinar matahari.
Tempat kerja yang buruk
Sering nonton televisi dengan jarak yang kurang wajar, sambil tiduran.
Latihan yang dikemukakan oleh Bates ini bertujuan untuk melatih mata supaya dapat mengatur fokus agar lebih efisien dan melatih mengendurkanotot-otot mata.
Terapi ini berdasarkan keyakinan bahwaadanya kombinasi dari tubuh, jiwa, dan pikiran yang digunakan untuk melihat. Faktor kesehatan, makanan,stres, dan postur tubuh seseorang juga dapat mempengaruhi penglihatan. Berikut beberapa terapi yangdianjurkan oleh Bates:

1. Bersembunyi
Latihan ini berfungsi untuk membantu merilekskan mata. Duduklah di depan meja lalu letakkan beberapa bantal sejajar dengan mata.Setelah itu taruh siku tangan Anda di atas bantal lalu tutup rapat kedua mata dengan telapak tangan. Lanjutkan dengan bernapas secara perlahan, rileks, dan bayangkan Anda berada dalam kegelapan.Lakukan latihan ini selama 10 menit sebanyak 2 – 3 kali sehari.

2. Mengggerakkan bola mata
Lakukan gerakkan ini dengan berdiri dan fokus menatap titik yangletaknya jauh dari Anda. Lalu gerakkan bola mata dari kanan kekiri sambil berkedip 100 kali setiap harinya. Berkedip berfungsi untuk melumasi dan membersihkan mata.

3. Memilih satu warna dalam satu hari
Pilihlah satu warna berbeda tiap hari dan melihat keluar dengan objek warna yang dipilih sepanjang hari. Ketika melihatnya seseorang akan lebih menyadari warna daripada bentuknya.

4. Berjemur
Saat cuaca sedang cerah, tutuplah mata kemudian tatap langsung matahari dalam keadaan mata masih tertutup. Sambil melihat matahari, gerakkan kepala ke kanan dan ke kiri secra perlahan sampai hampir menyentuh pundak. Latihan ini dapat membawa sirkulasi darah lebih banyak ke leher. Lakukan latihan ini sekali saja selama 3 – 5 menit dalam sehari.

5. Menggeser penglihatan
Menatap layar komputer terus menerus juga dapat menyebabkan mata minus. Sebaiknya jangan terus-terusan menatap layar komputer, sesekali alihkan pandangan Anda pada benda lain yang berada di sekitar Anda. melihat lukisan di dinding atau pot tanamanbisa menjadi pilihan bagi Anda yang berada di dalam ruangan. Latihan ini dapat mencegah rabun dekat, rabun jauh, meningkatkan penglihatan periferal, dan katarak.
Dr William Bates menyarankanagar melepaskan kontak lensa atau kacamata saat melakukan senam mata supaya lebih nyaman dansantai. Ketika melakukan latihan ini cobalah untuk sangat berkonsentrasi pada mata sehingga hasilnya lebih maksimal

6. Cipratkan air secukupnya hingga membasahi dua mata
Berdiri tegak, miringkan badan ke kanan dan ke kiri sebanyak sepuluh kali
Gelengkan kepala ke atas dan ke bawah sebanyak sepuluh kali
Gelengkan kepala ke kiri dan ke kanan sebanyak sepuluh kali
Putar kepala ke kiri menuju ke kanan dan sebaliknya sebanyak sepuluh kali
Cipratkan air secukupnya hingga membasahi dua mata Geser mata melirik ke atas dan ke bawah sebanyak sepuluh kali
Geser mata melirik ke kanan dan ke kiri,rentangkan jari tangan sebagai
titik yang harus dilirik sebanyak sepuluh kali
Putar mata ke kiri menuju ke kanan dan sebaliknya sebanyak sepuluh kali
Cipratkan air secukupnya hingga membasahi mata. Pijat daerah sekeliling mata dengan satu jari dari tiap tangan secara bersama-
sama sebanyak sepuluh kali. Pijatan dilakukan pada dua mata secara bersamaan dan gerakan berakhir kedua-kedua tangan saling bertemu

7.Bersihkan mata secara rutin setiap hari dengan menggunakan obat tetes mata
Lepaskan kacamata jika dirasa tidak diperlukan, mata minus biasanya hanya berlaku untuk penglihatan jarak jauh, nah ketika kita melihat dari jarak dekat usahakan melepas kaca mata, ini sebagai latihan otot2 pada mata agar kembali berfungsi normal
Hindari sentuhan langsung dengan debu, jika Anda seorang pengendara,maka kenakan kaca mata berkendara.
Terapi dengan pergi ke tempat dengan hamparan luas seperti pantai, persawahan, usahakan melepas kaca mata saat melakukan pengamatan.

8. saat bangun tidur, biasakan melakukan olahraga mata kira2 lima menit, memutar bola mata dari sudut ke sudut, pertama searah jarum jam, lalu bergantian dengan berlawanan arah jarum jam biasakan melihat daun, tumbuhan, pepohonan yang berwarna hijau, jangan mengkerlitkan mata atau melipat dahi. rileks saja dalam melihat daun-daun tersebut, biasakanlah selama 10 menit, mungkin awalnya agak blur tapi coba tetap fokus dan perhatikan ruas2 jari pada daun2 tersebut

sekian sobat-sobat semoga bermanfaat...
jangan lupa komentarma ya sob.
Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar